Penulis / NIM
RONAL BOUTY / 111410196
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Ronal Bouty, NIM 111410196. Analisis Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Masalah Rendahnya Prestasi Belajar Kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang peran guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani masalah rendahnya prestasi belajar kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Populasi penelitian ini meliputi segala sesuatu yang berkenan dengan peran guru bimbingan konseling dalam menangani masalah rendahnya prestasi belajar kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo yang tersebar di 5 (lima) kelas yang berjumlah 137 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 kelas yakni kelas VII A 7 orang, kelas VII B 5 orang, kelas VII C 5 orang, kelas VII D 5 orang, kelas VII E 5 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum peran guru bimbingan konseling dalam menangani masalah rendahnya prestasi belajar kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo berada pada kategori cukup. Kategori ini merupakan akumulasi antara indikator penelitian yakni jenis aktivitas guru memperoleh informasi tentang prestasi belajar siswa dan jenis layanan bimbingan yang diberikan yang berada pada kategori cukup dengan persentase 60%, materi bimbingan mengenai prestasi belajar berada pada kategori cukup dengan persentase 69%, keahlian guru BK dalam menangani masalah belajar berada pada kategori baik dengan persentase 74%.
Kata kunci : Peran, Guru Bimbingan dan Konseling, Prestasi Belajar Siswa
Download berkas