Penulis / NIM
BASRAN / 111410204
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Basran.(nim:111410204)2017.Hubungan Disiplin Belajar dengan Pergaulan Teman Sebaya pada Siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi ini dibimbing oleh masing-masing Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan desain penelitian menggunakan dua variabel, yakni variabel X (pergaulan teman sebaya )dan variabel Y (disiplin belajar).Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 kota Gorontalo. Yang berjumlah 217 orang, yang terbagi dari 5 kelas. Anggota sampel berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket (kuisioner), observasi, wawancara.Teknik analisis data meliputi regresi,dan korelasi.
Hasil penelitianan alisis menujukan bahwa terdapat hubungan yang berarti antara hubungan disiplin belajar dengan pergaulan teman sebaya di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan pergaulan teman sebaya yang ditunjukan dengan persamaan regresi adalah = ... 32.940+0.161X, sedangkan koefisien korelasi r = 0.44 dan koefisien determinasinya r2 = 0.19, yang berarti hubungan yang ditimbulkan oleh disiplin belajar dengan pergaulan teman sebaya dengan presentase sebesar 19,36%. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dinyatakan terdapat hubungan antara disiplin belajar dengan pergaulan teman sebaya pada siswa kelas VIII di SMP negeri 4 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : DisiplinBelajar,PergaulanTemanSebaya
Download berkas