Penulis / NIM
SAHRIN TALIB / 111410210
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Sahrin Talib. 2012. “Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Disiplin Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonosari Kabupaten Boalemo”. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2012.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini adalah beberapa siswa banyak mengabaikan tanggung jawabnya sebagai pelajar yang ditunjukkan dalam sikap dan tindakannya seperti: tidak mengikuti upacara, tidak masuk kelas sebelum guru datang walaupun bel sudah berbunyi, ramai di kelas saat guru menjelaskan, melalaikan tugas yang diberikan guru, melanggar tata tertib sekolah, membolos.
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh layanan informasi terhadap disiplin belajar. Dalam arti apakah terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi terhadap disiplin belajar. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Wonosari Kabupaten Boalemo pada siswa kelas VII tahun pelajaran 2011/2012. Seluruh data diolah secara kuantitatif dengan menguji normalitas data dan uji hipotesis.
Untuk itu dari uji normalitas data untuk pre-tes diperoleh Lhitung = 2,22 dengan n = 20 siswa, dan taraf nyata 0,05 maka Ltabel = 7,81, nilainya lebih besar dari Lhitung sehingga dapat dikatakan bahwa populasi berdistribusi normal, sedangkan untuk post test diperoleh Lhitung = 4,11 dengan n = 20 siswa, dan taraf nyata 0,05 maka Ltabel = 7,81 nilainya lebih besar dari L hitung sehingga dapat dikatakan bahwa populasi berdistribusi normal. Dan untuk uji hipotesis diperoleh hasil pehitungan thitung sebesar 25,45 dan selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan. Dan dk = (n1 + n2 ) maka diperoleh L table = 7,81 karena thitung < ttabel sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Dari hasil perhitungan diatas disimpulkan bahwa terdapat pengaruh layanan informasi terhadap disiplin belajar siswa. Dengan demikian hipotesis berbunyi: ”Terdapat pengaruh layanan informasi terhadap disiplin belajar, dapat diterima.
Kata kunci: Layanan Informasi, Disiplin Belajar
Download berkas