Penulis / NIM
IRNAWATY PAKAYA / 111410211
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
IRNAWATY PAKAYA. NIM 111 410 211. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa kelas V di SDN 72 Kota Timur Kota Gorontalo. SKRIPSI. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Murhima A. kau, S.Psi, M.Psi.
Permasalahan yang muncul di SDN 72 Kota Timur Kota Gorontalo adalah rendahnya kemampuan komunikasi interpersonal di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas V melalui bimbingan kelompok teknik diskusi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dengan subjek penelitian berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis presentase dengan memperlihatkan hasil-hasil yang dilaksanakan siswa melalui bimbingan kelompok teknik diskusi.
Hasil analisis data siswa yang menunjukkan kemampuan komunikasi interpersonal pada pelaksanaan observasi awal 17 orang. Pada pelaksanaan siklus I peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal sebanyak 17 orang atau 68%. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 22 orang atau 88%. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa melalui bimbingan kelompok teknik diskusi di dukung oleh beberapa indikator yaitu mampu untuk menyampaikan informasi, mampu untul mengajukan pertanyaan, dan aktif berbicara.
Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui bimbingan kelompok teknik diskusi dalam pembelajaran, maka kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas V SDN 72 Kota Timur meningkat.
Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi
Download berkas