Penulis / NIM
NURHAYATI R. DUTO / 111410212
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
NURHAYATI R. DUTO. NIM 111 410 212. Meningkatkan Kemampuan Kerjasama anak kelompok B melalui Metode Bermain Peran di TK Handayani Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing 1 Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si
Permasalahan yang muncul di TK Handayani Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo adalah rendahnya kemampuan kerjasama anak kelompok B. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak kelompok B melalui metode bermain peran.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil analisis data anak yang menunjukkan kemampuan kerjasama pada pelaksanaan observasi awal 5 orang. Pada pelaksanaan siklus I peningkatan kemampuan kerjasama sebanyak 13 orang atau 65%. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 16 orang atau 80%. Untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak melalui metode bermain peran didukung beberapa indikator yaitu melaksanakan tugas kelompok dan terlibat aktif dalam kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Bermain Peran dalam pembelajaran, maka kemampuan kerjasama anak kelompok B Kecamatan Telaga Biru meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Kerjasama, Bermain Peran
Download berkas