Penulis / NIM
ASNI EKSAN / 111410218
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Asni Eksan. 2014. Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Wenny Hulukati M.Pd dan Pembimbing II, Irvan Usman S.Psi, M.Psi
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa karena efikasi diri yang kurang baik. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah terdapat hubungan efikasi diri dengan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo?" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Gorontalo, dengan anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo, tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 284 siswa sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 31 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Efikasi Diri) dan variabel Y (Prestasi Belajar). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Product Moment yang terdiri dari uji validitas dan realibilitas data, uji normalitas data dan uji hipotesis.
Berdasarkan analisis statistik korelasional diperoleh nilai rxy = 0,59 dibandingkan dengan nilai r = 34,81 %"Product Moment ternyata dk sebesar 29, pada taraf signifikansi 1 % diperoleh rtabel = 2,462. Sedangkan hasil Uji t harga thitung = 3,967 selanjutnya dibandingkan dengan harga ttabel untuk kesalahan 1% uji dua pihak dan dk=n-2= 31-2=29, maka diperoleh ttabel = 2,462. Ternyata thitung > ttabel atau jumlah t hitung berada di luar daerah penerimaan Ho. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa.
Kata Kunci : Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Siswa
Download berkas