Penulis / NIM
FADLUN POLOSO / 111410223
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Fadlun Poloso. 2015. Deskripsi Faktor Penyebab Sulit Menyelesaikan Tugas pada Siswa Kelas XI SMK Negeri Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag.M.Pd
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI SMK Negeri 2 Kota Gorontalo adalah masalah penyebab siswa sulit menyelesaikan tugas yang ditandai dengan siswa tidak mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru, sebagian siswa tidak tahu apa yang akan dikerjakan, tidak mengulas latihan mata pelajaran yang diberikan guru, jika diberi tugas rumah hanya diselesaikan di sekolah, dan tugas yang diberikan guru hanya dikerjakan oleh temannya, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan sulit menyelesaikan tugas pada siswa.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan sulit menyelesaikan tugas pada siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Anggota populasi di dalam penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 299 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel tersebut yaitu secara random sampling sehingga mendapat 75 orang (25%) siswa. Teknik untuk pengumpulan data utama adalah angket, sedangkan observasi adalah sebagai pelengkap atau pendukung.
Berdasarkan penelitian, diperoleh bahwa faktor Internal yang memperoleh persentse 69,81% dengan indikator siswa merasa sukar menguasai karena materinya dianggap sulit,siswa kehilangan motivasi belajar karena nilai yang diperolehnya rendah , siswa mengakui bahwa sulit untuk mendisiplin diri didalam belajar , siswa mengeluh tidak dapat berkonsentrasi, siswa mengakui tidak cukup tekun mengerjakan sesuatu, khususnya belajar , konsep diri yang rendah. Sedangkan faktor eksternal memperoleh persentase 74,15% dengan indikator kemampuan sosial ekonomi atau keadaan sosial ekonomi ,metode guru menguasai materi dan strategi pembelajaran dan lingkungan fisik . Hal ini dapat disimpulkan bahwa penyebab siswa sulit menyelesaiakan tugas di kelas XI SMK Negeri 2 Kota Gorontalo paling dominan dipengaruhi oleh faktor eksternal.
Penelitian ini dapat disarankan agar lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas dan siswa itu sendiri agar lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas sehingga penelitian ini diharapkan agar dapat menjadi pedoman atau acuan untuk meningkatkan penyelesaian tugas di sekolah.
Kata Kunci: Penyebab Siswa Sulit Menyelesaikan Tugas
Download berkas