Penulis / NIM
SRI RATNASARI GOBEL / 111410225
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Sri Ratnasari Gobel Nim 111410225 meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan teknik bermain peran pada siswa kelas V SDN 13 Dulupi. Skripsi pada jurusan bimbingan dan konseling, fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo
Permasalahandalam dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas V SDN 13 Dulupi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan teknik bermain peran
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas metode ini dimaksudkan untuk dapat melihat dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan teknik bermain peran yang dilakukan dalam dua siklus
Hasil peneitian pada kegiatan siklus I belum optimal karena beum mencapai indikator kinerja dari 22 orang siswa yang dikenakan tindakan hanya 10 orang siswa atau 45% yang mampu berkomunikasi dengan baik dengan aspek-aspek komuniasi yang menjadi indikator dalam penelitian ini, sedagkan pada kegiatan siklus II mengalami peningkatan dimana siswa yang mampu berkomunikasi dari 22 siswa berjumlah 17 orang siswa atau 77%
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas V SDN 13 Dulupi
Kata Kunci : Komunikasi, Bermain Peran
Download berkas