Penulis / NIM
SUMIANI SUGIONO / 111410227
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
Abstrak
SUMIANI SUGIONO. 2015. Deskripsi Tentang Minat Karir Menurut Teori Holland Pada Siswa Kelas XII SMA Prasetya Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas NegeriGorontalo.Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu M.Pd, Kons Selaku dan Pembimbing II Murhima A.Kau, S.Psi, M.si.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah Deskripsi Tentang Minat Karir Siswa Kelas XII SMA Prasetya kota Gorontalo Menurut Teori Holland. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang Minat Karir Siswa Kelas XII SMA Prasetya Kota Gorontalo Menurut Teori Holland.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptifkuanitatif satu variabel, dimaksudkan untuk mengetahui Minat Karir Pada Siswa Kelas XII SMA Prasetya Kota Gorontalo Menurut Teori Holland, dengan populasinya siswa kelas XII yang berjumlah 60 siswa(3 kelas). Dijadikan sampel sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Alat ukur tes terstandar Self Directed Search (SDS).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat karir siswa dengan indikator tertinggi pada tipe kepribadian Social1 3.8 %, indikator tipe kepribadian Enterprising 7.2 %, indikator tipe kepribadian Artistic 6 %, indikator tipekepribadian Realistic 4.2 %, Indikator tipe kepribadian Investigative 2.4 %, danConventional 2.4 %.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa Minat Karir Pada Siswa Kelas XII SMA Prasetya Kota Gorontalo, lebih dominan memiliki minat karir dengan tipe kepribadian Social 13.8 %. Siswa diharapkan mampu memilih minat karir yang sesuai dengan minat dan tipe kepribadian mereka sehingga siswa tidak akan merasa kebingungan dalam menentukan jurusan atau karir setelah lulus dari sekolah ke depannya.
Kata Kunci : Minat Karir, Tipe Kepribadian Minat Karir
Download berkas