SKRIPSI

Penulis / NIM
AISA MAHIFA / 111411008
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK AISA MAHIFA. 2015. Deskripsi Faktor Penyebab Rendahnya Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd; dan Pembimbing II: Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd. Permasalahan yang menjadi fokus peneilitian ini adalah faktor-faktor apakah yang menjadi penyebab rendahnya kecerdasan spiritual pada Siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif satu variabel, dimaksudkan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Yang dilakukan pada siswa kelas VIII dengan populasi siswa yang berjumlah 230 siswa. dijadikan sampel sebanyak 20% atau 46 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan di analisis menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi rendahnya kecerdasan spiritual siswa pada aspek faktor internal yang meliputi 7 indikator diantaranya indikator (1) Prasangka negatif sebesar 92,03%, indikator (2) Prinsip hidup sebesar 73,59%, indikator (3) Pengalaman sebesar 91,71, indikator (4) Kepentingan sebesar 90,76%, indikator (5) Sudut pandang sebesar 77,54%, indikator (6) Pembanding sebesar 64,13%, indikator (7) Fanatisme sebesar 91,12%, dan pada aspek fakor eksternal yang meliputi 4 indikator yaitu terdiri dari indikator (1) Lingkungan keluarga sebesar 77,63%, indikator (2) Lingkungan masyarakat sebesar, 84,78%, indikator (3) Kelompok teman sebaya dan narkoba sebesar 89,57%, indikator (4) Pornografi sebesar 66,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor penyebab rendahnya kecerdasan spiritual Siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo ialah faktor Internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa yang terdapat pada indikator prasangka negatif dengan jumlah presentasenya sebesar 92,03%. Untuk itu disarankan semua Guru agar dapat memberikan pemahaman, arahan, maupun bimbingan kepada siswa agar siswa dapat meningkatkan kecerdasan spiritualnya. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011