Penulis / NIM
SUMIYATI S. HAMDAN / 111411010
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Sumiyati S Hamdan. 2015. Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Terhadap Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi siswa SMA Negeri 1 Gorontalo yaitu siswa yang kurang disiplin dalam belajar, hal ini terlihat ketika mereka terlambat masuk kelas saat proses belajar mengajar berlangsung, tidak menyusun jadwal pelajaran bahkan saat jadwal telah tersusun pun tidak dilaksanakan secara baik, tugas rumah dikerjakan di sekolah saat akan dikumpulkan, terlambat memasukan tugas bahkan ada tugas yang tidak dikerjakan dan sering mencontek hasil pekerjaan teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap disiplin belajar pada siswa melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu yang menggunakan desain penelitian âThe one group pretest-posttest designâ. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik diskusi) dan variabel Y (disiplin belajar siswa). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo. Sedangkan yang menjadi anggota sampel 15 orang (menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket) yang terbagi atas Pre-Test dan Post-Test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar -25,52. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28)=2,05, hal ini berarti bahwa hipotesis yang berbunyi terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap disiplin belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gorontalo dapat diterima.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik diskusi, Disiplin belajar siswa
Download berkas