Penulis / NIM
FUAD HASAN / 111411012
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang sangat spesifik yang dihadapi oleh siswa, yaitu minimnya pengetahuan siswa tentang karier dan metode pembelajaran yang bersifat statis.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal terhadap pemahaman karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang terdiri dari dua variabel yaitu: variabel X (Bimbingan Klasikal) dan variabel Y (Pemahaman Karir). Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah perbedaan dua rata-rata (uji t). Subjek penelitian sebanyak 32 orang yang ditetapkan dengan teknik proporsive sampling.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 2.097. Sedang dari daftar distribusi t pada taraf nyata = 0,05 diperoleh ttabel=11.1. Ternyata harga thitung berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga H0 ditolak dan menerima H1, yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal berpengaruh terhadap pemahaman karier pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.
Kata kunci: Bimbingan Klasikal, Pemahaman Karier
Download berkas