Penulis / NIM
ROSDIYANA MUHAMMAD / 111411017
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Rosdiana Muhammad. 2015. Deskripsi Pelaksanaan Bimbingan Sosial Pada Siswa Kelas VIII MTS N Gorontalo. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena Madina, M.Pd dan pembimbing II, Irvan Usman, S.Psi, M.Si.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan bimbingan sosial pada siswa kelas VIII Mts N Gorontalo. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapat gambaran yang jelas tentang pelaksanaan bimbingan sosial pada siswa kelas VIII Mts N Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memperoleh data tentang pelaksanaan bimbimbingan sosial pada siswa kelas VIII Mts N Gorontalo, dengan anggota populasi sejumlah 310 orang yang di jadikan anggota sampel sebanyak 10% atau 31 siswa di kelas VIII Mts N gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data dianalisis dengan menggunakan analisis presentase.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan sosial pada siswa Kelas VIII MTS N Gorontalo berjalan dengan baik hal ini dilihat dari beberapa indikator sebagai berikut: Memiliki kesadaran diri 10,96%, dapat mengembangkan sikap positif 10,96%, membuat pilihan secara sehat 17,96%, mampu menghargai orang lain 9,27%, memiliki rasa tanggung jawab 17,19%, dan dapat membuat keputusan secara efektif 21,50%. Dari 6 indikator tersebut yang paling dominan pada pelaksanaan bimbingan sosial pada siswa kelas VIII MTS N Gorontalo adalah dapat membuat keputusan secara efektif dengan presentase 21,50%.
Kata Kunci : Pelaksanaan layanan Bibingan Sosial pada siswa.
Download berkas