Penulis / NIM
ABDULLAH DIN / 111411019
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Abdullah Din. Nim 111 411 019. Skripsi 2016. "Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo" (studi pada siswa kelas VII, VIII, XI SMP Negeri 4 Kota Gorontalo)". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd; dan pembimbinga II: Irpan A. Kasan S,Ag, M.pd.
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Kota orontalo. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang ada di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo khususnya di kelas VII, VIII, XI. Terdapat satu variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, peran guru bimbingan dan konseling di sekolah. Dengan populasi yang berjimlah 30 siswa, anggota sampel 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara sebagai pelengkap. Teknik analisis datanya yaitu menggunakan teknik analisis persentase.
Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan, maka peneliti menarik kesimpulan penelitian ini dengan menggambarkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Kota Gorontalo terdiri dari tiga indikator yaitu aktivitas guru memperoleh informasi tentang motivasi belajar siswa dan jenis layanan bimbingan yang diberikan =89.66%, materi bimbingan yang diberikan=93.46%, kemampuan guru bimbingan dan konseling=88.51%.
Persentase yang diperoleh dari ketiga indikator di atas yang tertinggi yaitu materi bimbingan yang diberikan =93.46%, sedangkan yang terendah yaitu kemampuan guru bimbingan dan konseling=88.51%. Maka dalam hal ini yaitu peran guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tertinggi berada pada materi bimbingan yang diberikan =93.46%,
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar
Download berkas