Penulis / NIM
AFRID A. HASAN / 111411032
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Afrid A. Hasan. 2017. Deskripsi Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi dalam Memanfaatkan Pelayanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas XI TPHP SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim dan Pembimbing II Irpan Kasan S.Ag, M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI TPHP SMK Negeri 2 Kota Gorontalo yaitu masih terdapat siswa kurang memiliki motivasi dalam memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling, siswa yang masih memiliki motivasi rendah dalam memperoleh layanan dari guru bimbingan dan konseling, siswa sering keluar kelas saat guru bimbingan dan konseling memberikan layanan, dalam proses pemberian layanan siswa lebih betah diluar kelas dari pada di dalam kelas, siswa kurang termotivasi untuk mengikuti proses layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling,
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu menganalisis faktor penyebab rendahnya motivasi dalam memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XI TPHP SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 152 orang siswa dengan anggota sampel berjumlah 30 orang. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi, analisis data dilakukan dengan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya motivasi siswa dalam memanfaatkan pelayanan bimbingan dan konseling pada siswa kelas XI TPHP SMK Negeri 2 Kota Gorontalo adalah: (1). Faktor internal, dengan persentase 31,00%, yang meliputi: (a) perasaan siswa= 29,13%, (b) pengetahuan siswa tentang layanan bimbingan dan konseling= 31,08%, (c) kebutuhan siswa= 32,78%. Dan (2), Faktor eksternal, dengan persentase 19,34% yang meliputi: (a) keadaan sekolah =15,55%, (b) kepribadian guru pembimbing= 23,12%.
Kata Kunci : Motivasi Siswa, Layanan Bimbingan dan Konseling, Siswa
Download berkas