Penulis / NIM
SANTRIAWATI NGAU / 111411040
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
Abstrak
Santriawati Ngau. 2015. Deskripsi tentang Kematangan Emosi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim M.pd dan Pembimbing II Murhima A. Kau S.Psi, M.Psi, Psi
Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah bagaimanakah kematangan emosi siswa. Tujuan penelitian dilaksanakan untuk mengetahui kematangan emosi pada siswa kelas VIII di sekolah SMP Negeri 7 Kota Gorontalo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Populasi yang digunakan berjumlah 125 orang dan sampel yang di ambil berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan observasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas instrumen dan analisis persentase.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kematangan emosi dengan indikator: (1) kemampuan dalam mengontrol emosi dengan persentase 73.15%, (2) Mampu berpikir realistik, dengan persentase 74.73%, (3) Memahami diri sendiri dengan persentase 68.96%, (4) mampu menampakkan emosi disaat dan tempat yang tepat dengan persentase 71.67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kematangan emosi pada siswa kelas VIII SMP negeri 7 Kota Gorontalo cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase melalui keempat indikator kematangan emosi rata-rata 72.92%.
Kata Kunci : Kematangan Emosi
Download berkas