Penulis / NIM
LA ODE MUNIR / 111411051
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK
La Ode Munir. NIM 111411051. Deskripsi Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau Dari Kompetensi Pedagogik di SMA N 2 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd. Pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari layanan kompetensi pedagogik di SMA N 2 Gorontalo. sedangkan tujuan penelitian sesuai dengan rumusan masalah adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari layanan kompetensi pedagogik di SMA N 2 Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA N 2 Gorontalo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni (1) Obserfasi, (2) Instrumen Angket,(3) Uji Validitas Instrumen Angket, (4) Analisis data hasil penelitian, (5) Penghitungan Skor dalam penelitian, dan (6) Menyusun hasil laporan penelitian berupa skripsi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Indokator menguasai teori dan praktis pendidikan diperoleh rata-rata hasil jawaban responden sebesar 82,52%, dengan kategori baik (2) Indikator mengaplikasikan perkembangan psikologis dan psikologis serta perilaku konseli diperoleh rata-rata hasil sebesar 79,87%, dengan kategori baik dan (3) Indikator menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur dan jenjang status pendidikan diperoleh rata-rata hasil jawaban responden sebesar 81,78% dengan kategori baik. Secara umum, pelaksanaan layanan bimbingan konseling ditinjau dari kompetensi pedagogik di SMA Negeri 2 Gorontalo diperoleh sebesar 81,60% dengan kategori baik.
Kata-Kata kunci : Pelaksanaan, Layanan, Kompetensi, Pedagogik.
Download berkas