Penulis / NIM
TAUFIK BUKAHARI / 111411057
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
Taufik Bukahari. 111 411 057. 2018. Hubungan Interaksi Sosial dengan Disiplin Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing 1, Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan pembimbing 2, Irvan Usman, S.Psi., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (hubungan antara interaksi sosial dengan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kuantitatif teknik pengumpulan dengan metode kuesioner kepada siswa. Analisis data yang digunakan yakni analisis korelasi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Interaksi sosial terhadap Disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. besarnya koefisien korelasi yakni sebesar 0,712. Atau dengan kata lain, hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat yakni sebesar 71,2%. Sehingga dapat dikatakan bahwa variabel interaksi sosial memiliki hubungan yang erat dengan variabel Disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Nilai Koefisien regresi dengan arah postif menunjukan terdapat pengaruh yang positif Interaksi sosial terhadap Disiplin belajar siswa di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo atau dengan kata lain semakin baik dan kondusif intrakasi sosial antara warge sekolah maka akan mendorong terciptanya disiplin belajar siswa yang baik di SMA Negeri 1 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Disiplin Belajar Siswa
Download berkas