SKRIPSI

Penulis / NIM
NURNAWI IBRAHIM / 111411058
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak
ABSTRAK Nurnawi Ibrahim. 2015. Deskripsi Layanan bimbingan belajar pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo . Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd Kons; dan Pembimbing II: Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Permasalahan yang dihadapi dalam layanan bimbingan belajar di SMK Negeri 2 Kota Gorontalo yakni, terdapat siswa yang mengalami masalah belajar, pelaksanaan layanan bimbbingan belajar yang belimoptimal, Guru bimbingan dan konseling hanya memberikan pembinaan pada siswa yang mengalami masalah belajar, Kurangnya tingkat kordinasi antara guru BK dan guru bidang studi,kurangnya kesadaran siswa dengan pentingnya belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimaksudkan untuk mengetahui layanan bimbingan belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling 2 orang, kepalah sekolah 1 orang, guru-guru bidang studi lain 3 orang dan guru wali kelas 3 orang, jadi jumlah secara keseluruhan 8 orang. Teknik penggumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengambarkan bahwa layanan bimbingan belajar di kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo yang meliputi, pengenalan siswa yang mengalami masalah belajar, pengungkapan sebab-sebab timbulnya masalah belajar, dan upaya membantu siswa yang mengalami masalah belajar belum terlaksana dengan maksimal. Agar layanan bimbingan belajar di kelas X SMK Negeri 2 Kota Gorontalo dapat berjalan dengan maksimal maka guru bimbingan dan konseling harus memperkenalkan cara belajar yang baik kepada siswa secara rutin agar siswa yang mengalami belajar dapat terlepas dari masalah belajar tersebut, Guru bimbingan dan konseling harus meningkatkan kerja sama yang baik pada guru bidang studi untuk mengontrol hasil belajar siswa. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011