Penulis / NIM
JULIA CHATIMAH NURFATHRI HIOLA / 111411064
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Julia Chatimah N Hiola. 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Cinematherapy Terhadap Percaya Diri Siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 di SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd sebagai pembimbing 1dan Irpan Kasan, S.Ag., M.P.d sebagai pembimbing 2.
Latar belakang masalah dalm penelitian ini adalah masih banyak timbul permasalahan siswa yang dikarenakan kurang memiliki rasa percaya diri. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya siswa memiliki rasa percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, tidak berani, takut serta malu mengungkapkan pendapatnya dimuka umum.
Perumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu: "adakah pengaruh layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 di SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy terhadap rasa percaya diri siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 di SMP Negeri 15 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 64 siswa. Sampel penelitian adalah 64 siswa yaitu kelas VIII.1 dan VIII.2 yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan menggunakan rancangan penelitian non equivalent control group design. Pada rancang tersebut penelitian dibagi menjadi 2 yakni eksperimen dan kontrol. Metode pengumpulan datanya menggunakan skala kurva normal. Data yang diperoleh dari skala kurva normal dianalisis menggunakan uji jumlah jenjang Wilcoxon.
Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy meningkatkan rasa percaya diri siswa, dimana hasil yang diperoleh dari skor pre-test dan post-test dianalisis menggunakan uji statistik non parametrik dengan uji jumlah jenjang Wilcoxon (Wilcoxon's Rank Sum Tes). Nilai yang lebih kecil adalah R= R1= 33. untuk R0,05 = 941 dan R2 = 33. Dari tabel nilai R diperoleh R0,05 = 33 < R0,05 = 941. Pada a=0,05 ternyata R=33 < R0,05= 94. Jika nilai Rhitung lebih kecil dari nilai Rtabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun data diperoleh perbedaan rata-rata selisih hasil pre-test dan post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen setelah diberikan layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy hasil rata-ratanya (X ...) adalah 193, sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan hasil rata-ratanya (X ...) adalah 57,5. Artinya rata-rata hasil kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi "Terdapat pengaruh layanan bimbingan klasikal teknik cinematherapy terhadap percaya diri siswa dapat diterima".
Kata kunci: Teknik cinematherapy, Bimbingan Klasikal, Percaya Diri.
Download berkas