Penulis / NIM
MIAMAUDINA ROMPAH / 111411081
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Mia Maudinah Rompah. 2017. Deskripsi Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Tuti Wantu M.Pd, Kons dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa S.Pd,M.Pd
Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo yaitu masih terdapat beberapa siswa yang belum mengetahui gambaran komunikasi interpersonal seperti yang terdapat pada proses pembelajaran siswa merasa malu untuk menyampaikan informasi, belum mampu mengemukakan pendapatnya secara bebas dan terbuka kepada orang lain, siswa yang cenderung diam ketika diberi kesempatan untuk bertanya, siswa kurang aktif berbicara dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk menganalisis komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Gorontalo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 265 orang siswa dengan anggota sampel berjumlah 40 orang. Teknik untuk pengumpulan data yang di gunakan adalah instrumen angket.
Hal ini menunjukan bahwa komunikasi interpersonal pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo, dapat dilakukan dengan analisis data presentase bahwa komunikasi interpersonal siswa dengan empat indicator, yakni (1) keterampilan menjaga sopan santun hasil persentase 90.33%, (2) kecakapan menyampaikan informasi memperoleh data persentase 87,75%, (3) kecakapan mendengarkan memperoleh data persentase 87.50%, (4) keterampilan berbicara memperoleh data persentase 75.57% dan diperoleh rata-rata 85,38%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa deskripsi komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Gorontalo ini berada pada kategori sangat baik.
Kata kunci : Komunikasi Interpersonal Siswa
Download berkas