Penulis / NIM
MOH. NASIR / 111411083
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Moh Nasir. 2017. Deskripsi Tentang Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas X Sekolah SMK Negeri I Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim. M.Pd. dan Pembimbing II Irpan Kasan S.Ag M.Pd.
Permasalahan yang dihadapi di SMK Negeri I Kota Gorontalo khususnya siswa kelas X adalah terdapat 1) siswa yang kurang menyukai mata pelajaran IPS, 2) siswa tidak menyukai guru mata pelajaran IPS, 3) siswa yang tidak mau mengerjakan tugas pada mata pelajaran IPS, 4) siswa yang sering keluar masuk pada jam mata pelajaran IPS, 5) siswa yang jarang masuk pada mata pelajaran IPS, 6) siswa yang tidak menyukai cara guru memberikan teori pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel yaitu motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Anggota populasi adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo yang berjumlah 327 siswa dan yang menjadi sampel adalah 11% atau 36 siswa, yang terdiri dari 2 jurusan yakni jurusan Akutansi dan Administrasi Perkantoran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Gorontalo yang mencakup (1) tujuan yang jelas, dengan persentase 10.56%, (2) tantangan, dengan persentase 31.95%, (3) tanggung jawab, dengan persentase 21.67%, (4) kesempatan untuk maju, dengan persentase 13.34%, (5) kepemimpinan, dengan persentase 23.89%, (6) cita-cita/aspirasi, dengan persentase 35.56%, (7) kondisi siswa, dengan persentase 23.89%, dan (8) kondisi lingkungan, dengan persentase 39.59%.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Download berkas