SKRIPSI

Penulis / NIM
ASRIN / 111411084
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK ASRIN NIM: 111 411 084 "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2017. Pembimbing I Dra.Hj.Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II salim korompot S.pd, M.pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi interksi siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data menggunakan teknik wawancara sebagai teknik utama, dilengkapi dengan teknik observasi. Fokus dalam penelitian ini adalah faktor tujuan, faktor bahan atau materi ,faktor metode dan faktor situasi atau suasan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yaitu: a) Faktor tujuan Di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo dengan adanya meningkatkan interaksi siswa dalam proses pembelajaran yang bertujuan agar siswa terbentuk kepribadian siswa dan bisa bertanggung jawab sebagai warga sekolah, serta sangat bermamfaat untuk perkembangan siswa. b) Faktor Materi atau bahan ajar di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yang dimana mengacu pada kurikulum 2013, yang dimana siswa yang lebih aktif ketimbang guru,namun siswa perlu dibimbing agar siswa dapat lebih dapat menimbah dan memahami pelajaran-pelajaran yang mereka anggap sulit. c) Faktor Metode pengajaran di SMP 4 Kota Gorontalao yaitu metode diskusi dan kelompok. metode diskusi adalah cara penyajian pelajaran, di mana siswa-siswa dihadapkan kepada suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematis untuk dibahas dan dipecahkan bersama. d) Faktor Situasi atau suasana pembelajaran di SMP 4 Kota Gorontalo yang dimana terakait dengan sikap guru yang mengajar. Dimana Situasi pengajaran yang kondusif (mendukung) sangat menentukan dan bahkan menjadi salah satu indikator terciptanya interaksi pengajaran. Kata Kunci : Interaksi dalam proses pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011