SKRIPSI

Penulis / NIM
YOWAN LABACO / 111411088
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK Yowan Labaco. 2015. Deskripsi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo adalah kurangnya kecerdasan emosional pada siswa yang ditandai dengan kurang mampu mengelolah emosi pada diri sendiri sehingga akibatnya mudah marah, bertindak agresif, sulit membina hubungan yang baik dengan orang lain dan kurang berempati, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya kecerdasan emosional pada diri siswa. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu menganalisis faktor - faktor yang mempengaruhi kurangnya kecerdasan emosional pada diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kota Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 125 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah secara random sampling sehingga mendapatkan 32 orang (25 %) siswa. Teknik untuk pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan analisis data presentase bahwa faktor bawaan memperoleh hasil presentase 67,58 % dengan indikator mental dan fisik yang kurang mendukung,berfikir dan bersikap negatif, dan pengendalian diri. Sedangkan faktor lingkungan memperoleh data presentase 74,41 % dengan indikator latar belakang keluarga, teman sepergaulan, dan kurang adanya keterampilan dan kemampuan berkomunikasi. Hal ini menunjukan bahwa kurangnya kecerdasan emosional yang ada pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Gorontalo lebih didominasi oleh faktor lingkungan. Penelitian ini disarankan untuk lebih memperhatikan kecerdasan emosional siswa dan untuk siswa itu sendiri lebih cerdas dalam bersikap agar membantu kecerdasan emosionalnya, sehingga penelitian ini diharapkan menjadi pedoman atau acuan untuk lebih meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa. Kata kunci : Kecerdasan Emosional
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011