Penulis / NIM
MIRANTI ARIEF / 111411093
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Miranti Arief. 2016. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas negeri Gorontalo. Pembimbing I ,Rena L.Madina M.Pd dan pembimbing II Murhima A.Kau S.Psi, M.Si, P.si.
Permasalahan yang dihadapi di SMA Negeri 2 Kota Gorontalo adalah adanya siswa yang mengalami masalah penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri pada siswa melalui suatu eksperimen.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain "one group pre-test and post-test design". Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok) dan variabel Y (penyesuaian diri). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 367 yang terbagi dalam 12 kelas. Sedangkan yang menjadi anggota sampel adalah siswa kelas XI yang berjumlah 15 orang.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah secara random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian treatment dan sesudah pemberian treatment. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan uji t.
Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar 6,349 Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t0,975 (28)=1,70Artinya bahwa hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap penyesuaian diri pada siswa XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo, dapat diterima.
Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Penyesuaian Diri.
Download berkas