Penulis / NIM
RAHMAWATI THALIB / 111411099
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
RAHMAWATI THALIB 111411099. Deskripsi Layanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Mata Pelajaran Studi Pada siswa kelas X diSMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.Wenny Hulukati. M.Pd dan Pembimbing II Irpan A.Kasan,S.Ag,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya layanan bimbingan dan konseling ditinjau dari kerjasama guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran diSMA Negeri 1 Gorontalo. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran pada siswa kelas X diSMA Negeri 1 Gorontalo Penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif, untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran pada siswa kelas X diSMA Negeri 1 Gorontalo. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 120 orang. Teknik pengambilan sampel adalah rendom sampling secara acak sehingga mendapatkan 31 orang (25%). Dari 31 orang siswa Tehnik pengumpulan data menggunakan instrumen angket skala likert.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapati nilai persentase kerjasama guru bimbingan dan konseling dan guru mata pelajaran perindikatornya sebagai berikut : (1) Membantu mensosialisasikan layanan bimbingan dan konseling, 46.23% (2) Bekerjasama dengan guru pembimbing mengidentifikasi siswa yang memerlukan bimbingan, 49.46% (3) Mengalihtangankan (referal) siswa yang memerlukan bimbingan kepada guru pembimbing, 65.16% (4) Mengadakan upaya tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling (program perbaikan dan program pengayaan), 61.29% (5) Memberikan kesempatan pada siswa untuk memperoleh layanan bimbingan dan konseling dari guru pembimbing, 61.20% (6) Berpartisipasi dalam program layanan bimbingan dan konseling (misalnya dalam konferensi kasus), 58.06% (7) Membantu mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian layanan bimbingan dan konseling, 76.77 %. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat maslah yang paling menonjol yaitu membantu mengumpulkan data atau informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian layanan bimbingan dan konseling, 76.77%.
Kata-kata kunci : Kerjasama Guru Bimbingan dan Konseling dan Guru Mata Pelajaran
Download berkas