Penulis / NIM
HAMRIN LA TULUNGI / 111411100
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
HAMRIN LA TULUNGI NIM: 111 411 100 "Deskriptif Layanan Bimbingan Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2015. Pembimbing I Dra.Hj.Rena L. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi,M.Si, Psi.
Prestasi belajar merupakan suatu tolak ukur tentang hasil pendidikan dalam sekolah, untuk itu dalam mencapai prestasi belajar yang baik, pihak sekolah mengupayakan layanan bimbingan belajar dalam konteks pendidikan formal, layanan bimbingan belajar ini dengan penambahan jam belajar siswa di luar jam pelajaran biasa. Layanan ini diberikan untuk membimbing dan mengarahkan seorang siswa agar lebih mendalami dan memahami pelajaran yang mereka dapatkan disekolah .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan bimbingan belajar di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Untuk memperoleh data dilakukan dengan menggunakan teknik sebagai teknik wawancara, dilengkapi dengan teknik observasi dan dokumentasi. Fokus dalam penelitian ini adalah program bimbingan belajar, bentuk layanan bimbingan belajar dan evaluasi layanan bimbingan belajar.
Hasil penelitian ini berkesimpulan: a) Program bimbingan belajar yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 4 Kota Gorontalo telah dilaksanakan baik kelompok, maupun individu. Layanan bimbinan belajar yang dilaksanakan oleh SMP Negeri 4 Kota Gorontalo telah dijadwalkan melalui pelaksanaan BK, agar bimbingan belajar dapat terlaksana secara efektif dan efisien. b) Bentuk layanan bimbingan belajar di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo meliputi jenis layanan informasi dimana informasi layanan orientasi bimbingan kelompok maupun individual. Dan layanan bimbingan belajar pada SMP Negeri 4 Kota Gorontalo memang sudah terjadwal pada pelaksanaan BK yang diberikan selama ini, namun dalam jadwal bimbingan ini masih perlu ditingkatkan yaitu dengan menambah waktu bimbingan belajar agar siswa dapat lebih banyak menimbah ilmu dan memahami pelajaran-pelajaran yang mereka anggap sulit. c) Evaluasi bimbingan belajar di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo setelah dilakukan evaluasi selama ini, hasilnya cukup baik walaupun ada sebagian siswa yang masih mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran, namun pihak sekolah tetap berupaya untuk melaksanakan bimbingan belajar dengan baik.
Disarankan dalam meningkatkan layanan bimbingan belajar di SMP Negeri 4 Kota Gorontalo yaitu 1). Kerja sama antara guru BK, Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi, sangat dibutuhkan dalam penyusunan program BK disekolah khususnya pelaksanaan layanan bimbingan belajar 2) Guru BK, diharapkan lebih intensif dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar terutam memotivasi siswa dalam pelaksanaan layanan bimbingan belajar.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Belajar Siswa
Download berkas