Penulis / NIM
SRI SOFYANTI PAKAYA / 111411102
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Sri Sofyanti Pakaya. NIM. 111411102. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Bermain Peran pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena Madina, M.Pd. dan Pembimbing II Meiske Puluhulawa, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini apakah teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII di SMP Negeri 11 Kota Timur Kota Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui teknik teknik bermain peran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Timur Kota Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Variabel penelitian meliputi variabel input, proses, dan output. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara presentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama terdapat 36% siswa yang menunjukkan kemampuan berbicara atau meningkat 4% dari observasi awal, siklus I pertemuan kedua mencapai rata-rata 64% atau meningkat 32% dari hasil observasi awal. Selanjutnya siklus II pertemuan pertama kemampuan berbicara siswa kelas VIII rata-rata mencapai 84% atau meningkat 52% dari hasil observasi awal. Dengan demikian dapat disimpulkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Timur Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui teknik bermain peran.
Kata kunci: Berbicara, bermain peran.
Download berkas