Penulis / NIM
SELVI ISA / 111411104
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Pembimbing 2 / NIDN
SALIM KOROMPOT, S.Pd, M.Pd / 0011117706
Abstrak
ABSTRAK
Selvi Isa. 2016. Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Teknik Behavior Contract Pada Siswa Kelas IV Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Maryam Rahim, M.Pd. dan Pembimbing II Salim Korompot, S.Pd., M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini apakah teknik behavior contract dapat meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IV Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin belajar siswa kelas IV Tunagrahita melalui Behavior Contract di Sekolah Luar Biasa Negeri Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Variabel penelitian meliputi variabel input, proses, dan output. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama terdapat 60,3% siswa yang menunjukkan disiplin belajar atau meningkat 15,3% dari observasi awal, siklus I pertemuan kedua mencapai rata-rata 70,8% atau meningkat 25,8% dari hasil observasi awal, dan siklus II pertemuan pertama mencapai rata-rata 86,7% atau meningkat 41,7% dari hasil observasi awal. Dengan demikian dapat disimpulkan disiplin belajar siswa kelas IV Tunagrahita Sekolah Luar Biasa (SLB) dapat ditingkatkan melalui teknik behavior contract.
Kata kunci: disiplin belajar, behavior contract, Tunagrahita, SLB.
Download berkas