Penulis / NIM
SRYPATNI SUTOYO KONO / 111411116
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
A B S T R A K
Srypatni Sutoyo Kono, NIM 111 411 116, "Meningkatkan Perilaku Sopan Santun Melalui Teknik Bermain Peran pada Anak Kelompok B TK Dahlia Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango". Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2014.
Pembimbing I: Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Lukman R. Laliyo, M.Pd
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: "Apakah teknik bermain peran dapat meningkatkan perilaku sopan santun pada anak kelompok B TK Dahlia Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango?"
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sopan santun melalui teknik bermain peran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah melalui persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh pada siklus I rata-rata perilaku sopan santun meningkat menjadi 16 orang (64%) pada kriteria baik, 4 orang (16%) kriteria kurang baik, 5 orang (20%) pada kriteria tidak baik.
Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 22 orang (88%) pada kriteria baik, 3 orang (12%) pada kriteria kurang baik, serta (0%) pada kriteria tidak baik. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik bermain peran dalam proses pembelajaran, maka perilaku sopan santun pada anak kelompok B TK Dahlia Kecamatan Bone Raya Kabupaten Bone Bolango, akan meningkat".
Kata Kunci: Perilaku Sopan, Teknik Bermain Peran
Download berkas