Penulis / NIM
SRIYANTI HANGA LAHATI / 111411117
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Sriyanti H. Lahati. Nim. 111 411 117. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Bimbingan kelompok Dengan Teknik bercerita Pada Anak TK Idhata Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten gorontalo utara. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Bimbingan Konseling Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd.Kons. Pembimbing II. Irvan Usman, S.Psi. M.Si
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui bimbingan kelompok teknik bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak TK Idhata Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak TK Idhata Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud untuk memberi gambaran terhadap keadaan peningkatan kemampuan berbicara anak TK Idhata Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak masih sangat rendah. Hal ini nampak data yang diperoleh dari 20 orang anak TK Idhata Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, hanya 5 orang atau 33% yang mampu berbicara. Namun setelah dilaksanakan tindakan siklus I maka diperoleh data 9 orang atau 60% yang sudah mampu berbicara, dan pada siklus II meningkat menjadi 12 orang atau 80%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak TK Idhata Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Oleh karena itu teknik bercerita hendaknya dijadikan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak di TK.
Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, kegiatan Kelompok, Teknik bercerita
Download berkas