Penulis / NIM
YUSRAN ADAM / 111411119
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Abstrak
A B S T R A K
Yusran Adam, NIM. 111 411 119 "Meningkatkan Keterampilan Sosial Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi pada Siswa Kelas VIII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi, Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: "Apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa Kelas VIII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango ?". Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan sosial melalui bimbingan kelompok teknik diskusi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal.
Subjek penelitian adalah kelas VIII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 25 orang, dengan observasi awal untuk kriteria mampu 52%, kurang mampu 36%, kriteria tidak mampu 12%. Adapun indikator kinerja yang digunakan dalam keterampilan sosial adalah apabila 88% dari jumlah siswa telah memiliki keterampilan sosial.
Dari hasil analisis data diperoleh siklus I kriteria mampu 68%, kurang mampu 32% dan tidak mampu 0%. Siklus II mampu 88%, kurang mampu 12%, serta 0% pada kriteria tidak mampu. Dengan demikian hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa: "Jika guru menggunakan bimbingan kelompok teknik diskusi, maka keterampilan sosial pada siswa kelas Kelas VIII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango dapat meningkat, dapat diterima".
Kata kunci : Keterampilan Sosial, Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi
Download berkas