Penulis / NIM
SUWARNI B. LAKUNA / 111411123
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
A B S T R A K
Suwarni Lakuna. NIM. 111 411 123. "Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Tugas pada Siswa Kelas VII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Prof.Dr. Sarson W.J. Pomalato, M.Pd, Pembimbing II: Murhima A. Kau, S.Psi, M.Psi
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah bimbingan kelompok tugas dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok tugas.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengolahan data secara kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Tsanawiyah kelas VII dengan karakteristik subjek penelitian berjumlah 22 orang, terdiri dari laki-laki 10 orang dan 12 orang siswa perempuan.
Pemecahan masalah pada penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus. Siklus I, siswa yang memiliki motivasi belajar 15 orang (66%), dan siklus II menjadi 20 orang siswa yang memiliki motivasi belajar (90%) dari jumlah siswa 22 orang. Sehingga dapat disimpulkan dari penelitian ini, bahwa motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan, setelah diberikan tindakan melalui bimbingan kelompok tugas.
Hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika digunakan bimbingan kelompok tugas, maka motivasi belajar siswa kelas VII Tsanawiyah Muhammadiyah Kabila Kabupaten Bone Bolango, akan meningkat, dapat diterima".
Kata kunci: Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok Tugas
Download berkas