Penulis / NIM
NAHRI KADULLAH / 111411126
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Abstrak
A B S T R A K
Nahri Kadullah. NIM. 111 411 126. "Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Melalui Teknik Fading pada Anak TK Pelita Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Prof.Dr.H. Sarson Pomalato, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons.
Masalah yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah teknik fading dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerita pada anak TK Pelita Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak menceritakan kembali isi cerita melalui teknik fading.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, anak yang memiliki kemampuan untuk menceritakan kembali isi cerita 14 orang (64%), kurang memiliki kemampuan 6 orang (27%), dan tidak memiliki kemampuan 2 orang (9%). Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan anak yang memiliki kemampuan dalam menceritakan kembali isi cerita menjadi 20 orang (90%), kurang memiliki kemampuan 2 orang (10%), dan tidak memiliki kemampuan (0%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik fading dalam pembelajaran, maka kemampuan menceritakan kembali isi cerita pada anak TK Pelita Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango, akan meningkat, dapat diterima".
Kata kunci: Menceritakan Kembali Isi Cerita, Teknik Fading
Download berkas