Penulis / NIM
SURATNI MADINA / 111411134
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Suratni Madina, 2014. Meningkatkan Kemandirian Melalaui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena Madina, M.Pd. dan Pembimbing II, Meiske Puluhulawa, M.Pd
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kemandirian siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango yang jumlah siswanya 30 orang, dengan sistem pembahasan dalam dua siklus yang masing-masing siklus satu kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemandirian siswa kelas IXA SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Peningkatan tersebut sesuai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 85 % atau 17 orang dari 20 orang siswa yang dilakukan tindakan. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu;. pada observasi awal menunjukkan bahwa hanya 8 orang siswa atau 40 % yang memiliki kemandirian dari 20 orang siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan kemandirian siswa menjadi 12 orang siswa atau 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 17 orang siswa atau 85% yang memiliki kemandirian melalui layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian, optimalisasi bimbingan kelompok telah menjadi pilihan utama bagi guru yang ada kelas IX A SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango untuk melakukan layanan bimbingan terutama dalam meningkatkan kemandirian siswa.
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru BK di SMP Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa terutama untuk meningkatkan kemandirian siswa. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks.
Kata Kunci: kemandirian, Bimbingan Kelompok
Download berkas