Penulis / NIM
KARLINA NUR MOHAMAD / 111411138
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
A B S T R A K
Karlina Nur Mohamad. NIM. 111 411 138. "Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Teknik Token Economy pada Anak Kelompok B di TK Nur Hidayah Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena Madina, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Masalah yang dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah teknik token economy dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B di TK Nur Hidayah Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak melalui teknik token economy.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang memiliki kemampuan dalam mengenal huruf abjad yakni 8 orang (57%), yang kurang tepat 5 orang (36%), dan tidak tepat 1 orang (7%). Siklus II anak yang memiliki kemampuan dalam mengenal huruf abjad 12 orang (86%), kurang tepat 2 orang (14%) dan tidak tepat (0%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik token economy, maka kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B di TK Nur Hidayah Desa Kaidundu Kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dapat diterima".
Kata kunci: Kemampuan Mengenal Huruf Abjad, Teknik Token Economy
Download berkas