Prof. Dr. SARSON W DJ POMALATO, M.Pd / 0008086010
Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
ABSTRAK
Luki Mohamad. NIM. 111 411 141. “Meningkatkan Perilaku Berani Melalui Penerapan Teknik Bermain Peran pada Anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.” Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, melalui penerapan teknik bermain peran.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang memiliki perilaku berani adalah 13 orang atau 65% pada kriteria mampu, kriteria kurang mampu 4 orang atau 20%, dan 3 orang atau 15% pada kriteria tidak mampu. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan anak yang memiliki perilaku berani menjadi 17 orang atau 85% pada kriteria mampu, 3 orang anak atau 15% pada kriteria kurang mampu, dan % pada kriteria tidak mampu.
Hipotesis tindakan yang berbunyi: “Jika guru menggunakan penerapan teknik bermain peran dalam pembelajaran, maka perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo meningkat, dapat diterima”.
Kata kunci: Perilaku Berani, Teknik Bermain Peran