SKRIPSI

Penulis / NIM
LUKI MOHAMAD / 111411141
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARDIA BIN SMITH, S.Pd, M.Si / 0005125908
Abstrak

                                ABSTRAK

Luki Mohamad. NIM. 111 411 141. “Meningkatkan Perilaku Berani Melalui Penerapan Teknik Bermain Peran pada Anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.” Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah penerapan teknik bermain peran dapat meningkatkan perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, melalui penerapan teknik bermain peran.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan penelitian. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang memiliki perilaku berani adalah 13 orang atau 65% pada kriteria mampu, kriteria kurang mampu 4 orang atau 20%, dan 3 orang atau 15% pada kriteria tidak mampu. Selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan anak yang memiliki perilaku berani  menjadi 17 orang atau 85% pada kriteria mampu, 3 orang anak atau 15% pada kriteria kurang mampu, dan % pada kriteria tidak mampu. Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: “Jika guru menggunakan penerapan teknik bermain peran dalam pembelajaran, maka perilaku berani anak di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo meningkat, dapat diterima”.

Kata kunci: Perilaku Berani, Teknik Bermain Peran

 

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011