Penulis / NIM
SANDO SULEMAN / 111411143
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Abstrak
ABSTRAK
Sando Suleman, Skripsi "Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Melalui Metode Bermain Peran di Kelompok B TK Montessori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo", program Studi S1-BK Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Dr. Rustam Husain, S.Ag, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah melalui metode bermain peran perilaku prososial anak kelompok B di TK Montessori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian adalah untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Melalui Metode Bermain Peran di Kelompok B TK Montessori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode PTK yang dilaksanakan di Kelompok B di TK Montessori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dengan subyek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi dianalisis menggunakan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada Siklus I Pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke Siklus II Pertemuan I dan belum berhasil, dilanjutkan ke Siklus II Pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup signifikan diantaranya. Pada aspek berbagi, 16 orang atau 80 % dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 4 orang atau 20 % termasuk kategori cukup dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Menolong 16 orang atau 80 % dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 4 orang atau 20 % termasuk kategori cukup dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Bekerja sama, 16 orang atau 80 % dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 4 orang atau 20 % termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Perilaku Prososial, Metode Bermain Peran.
Download berkas