SKRIPSI

Penulis / NIM
SURIANA THAIB DUNGGIO / 111411148
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK Suriana Thaib Dunggio, 2014 "Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Teknik Shaping pada anak kelompok B TK Motinelo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango"Skripsi, jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Wenny Hulukati, M.Pd. Pembimbing II Irvan Usman, S.Psi. M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah " Apakah teknik Shaping dapat meningkatkan keterampilan menulis pada anak TK Motinelo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango"? Yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis anak TK dalam kegiatan pembelajaran pada keterampilan menulis garis tegak, garis datar, menulis garis lengkung dan lingkaran, menulis huruf vokal, di TK Motinelo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango digunakan teknik Shaping. Hasil penelitian dilaksanakan di TK Motinelo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango yang jumlah anak 18 orang, dan bekerja sama dengan guru di TKtersebut sebagai guru mitra yang dilaksanakan dalam dua siklus terlihat bahwa telah terjadi peningkatan keterampilan menulis anak melalui teknik Shaping. Hal ini telah dibuktikan oleh hasil analisis terhadap data yang telah dikumpulkan di mana hasil tersebut menunjukkan bahwa indikator kinerja dalam penelitian ini 70%, ternyata hasilnya telah melampaui target yang diharapkan, yakni menjadi 80,6% . Kesimpulan hasil penelitian keterampilan menulis anak meningkat, dengan rincian hasil: siklus I mencapai 50,02% dari hasil observasi awal 14,8% meningkat menjadi 60%, dan siklus II mencapai 80,6% yakni mencapai peningkatan 77,78% dari observasi awal 14,8% Menjadi 92,59%. Dengan demikian teknik Shaping cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis anak di TK Motinelo Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Saran agar penelitian tentang upaya meningkatkan keterampilan menulis anak terus ditingkatkan demi peningkatan mutu pendidikan dalam pembelajaran pengembangan bahasa pada umumnya bagi anak TK Motinelo khususnya. Kata Kunci : Keterampilan Menulis,Teknik Shaping
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011