Penulis / NIM
RAINA DUDEPO / 111411151
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
A B S T R A K
Raina Dudepo. NIM. 111 411 151. "Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Melalui Teknik Bermain Peran di Taman Kanak-kanak Huyula Desa Dutohe Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dr. Wenny Hulukati, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Lukman Laliyo, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: "Apakah teknik bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B Taman Kanak-kanak Huyula Desa Dutohe Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik bermain peran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan jumlah anak laki-laki 10 orang perempuan 9 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I anak yang memiliki keterampilan berbicara pada kriteria mampu berjumlah 12 orang (63%), kurang mampu 3 orang (16%), dan kriteria tidak mampu 4 orang (21%). Pada siklus II terjadi peningkatan anak yang berada pada kriteria mampu berjumlah 16 orang (84%), kriteria kurang mampu 3 orang (16%) dan kriteria tidak mampu 0%. Dengan demikian hipotesis tindakan: "Jika guru menggunakan teknik bermain peran, maka keterampilan berbicara anak di TK Huyula Desa Dutohe Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, dapat ditingkatkan, diterima".
Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Teknik Bermain Peran
Download berkas