SKRIPSI

Penulis / NIM
SELVIA ABAS / 111411159
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LUKMAN A R LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
ABSTRAK Selvia Abas, 2014. Meningkatkan Kerja Sama Melalui Bimbingan Kelompok DenganTeknik Permainan Pada Siswa Kelas IX A di MTs Al-Khairaat Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Weni Hulukati, M.Pd. dan Pembimbing II, Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kerja sama siswa kelas IX A di MTs Al Khairaat dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kerja sama siswa kelas IX A MTs Al-Khairaat Kota Gorontalo melalui bimbingan kelompok teknik permainan. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IX A MTs Al-Khairaat Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 25 orang, dengan sistem pembahasan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kerja sama pada siswa kelas IX A MTs Al-Khairaat Kota Gorontalo mengalami peningkatan sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 88 % atau 22 orang dari 25 orang siswa yang dilakukan tindakan. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal menunjukkan bahwa hanya 13 orang siswa atau sebanyak (52%) dari 25 siswa yang memiliki kerjasama. Pada siklus I pertemuan 1 terjadi peningkatan menjadi 15 orang siswa atau 60%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 siswa yang memiliki kerjasama menjadi 17 orang siswa atau 68% dari 20 orang siswa. Pada siklus II pertemuan 1 mengalami peningkatan menjadi 19 orang siswa atau 76%, siklus II pertemuan 2 menjadi 22 orang siswa atau 88% dari 25 orang siswa mengalami peningkatan kerjasama, melalui bimbingan kelompok dengan teknik permainan. Dengan demikian, optimalisasi bimbingan kelompok teknik permainan telah menjadi pilihan utama bagi guru yang ada kelas IX A MTs Al-Khairaat Kota Gorontalo untuk melakukan layanan bimbingan terutama dalam meningkatkan kerja sama siswa. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru BK di MTs Al-Khairaat Kota Gorontalo dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa terutama untuk meningkatkan kerja sama siswa. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks. Kata Kunci: Kerja Sama, Bimbingan Kelompok, Teknik Permainan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011