Penulis / NIM
MASPA MARDJUN / 111411160
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MEISKE PULUHULAWA, S.Pd, M.Pd / 0031018301
Abstrak
ABSTRAK
Maspa Mardjun, 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas VIIIB di MTs. Al-Khairaat Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd.Kons, dan Pembimbing II, Meiske Puluhulawa, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas VIIIB di MTs. Al Khairaat dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas VIIIB MTs. Al-Khairaat Kota Gorontalo melalui bimbingan kelompok teknik diskusi.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas VIIIB MTs. Al-Khairaat Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 28 orang, dengan sistem pembahasan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan mengemukakan pendapat pada siswa kelas VIIIB MTs. Al-Khairaat Kota Gorontalo mengalami peningkatan sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan yaitu 85 % atau 25 orang. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal, hanya 50 % atau 14 orang siswa yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat, pada siklus I pertemuan I meningkat manjadi 57 % atau 16 orang, pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan lagi manjadi 68 % atau 19 orang siswa, pada siklus II pertemuan I meningkat lagi manjadi 79 % atau 22 orang siswa, dan pada siklus II pertemuan II mencapai 89 % atau 25 orang siswa yang memiliki kemampuan mengemukakan pendapat yang diharapkan. Dengan demikian, optimalisasi bimbingan kelompok teknik diskusi telah menjadi pilihan utama bagi guru yang ada kelas VIIIB MTs. Al-Khairaat Kota Gorontalo untuk melakukan layanan bimbingan terutama dalam meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa.
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru BK di MTs. Al-Khairaat Kota Gorontalo dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam memberikan layanan bimbingan kelompok kepada siswa terutama untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks.
Kata Kunci: Mengemukakan Pendapat, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi.
Download berkas