Penulis / NIM
SANTI DOMILI / 111411164
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
MURHIMA A KAU, S.Psi, M.Si / 0030047303
Abstrak
ABSTRAK
Santi domili, 2014. Meningkatkan Perilaku Sosial Anak melalui Teknik Bermain Kelompok di TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd.Kons, dan Pembimbing II, Murhima A. Kau, S.Psi, M.Psi
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah perilaku sosial anak TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui teknik bermain kelompo? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku sosial anak melalui teknik bermain kelompok di TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak di TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 20 orang, dengan sistem pembahasan dalam dua siklus yang masing-masing siklus dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan anak dalam berperilaku sosial, dapat ditingkatkan melalui teknik bermain kelompok. Dari kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa hanya 8 orang anak atau 40% yang memiliki kemampuan berperilaku sosial. Pada siklus I pertemuan 1 terjadi peningkatan perilaku sosial menjadi 10 orang atau 50 %, dari 20 orang anak. Siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan menjadi 12 orang atau 60 %. Selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 14 orang anak atau 70 % anak yang memiliki perilaku sosial yang baik, siklus II pertemuan 2 menjadi 16 orang atau 80 % anak yang perilaku sosialnya meningkat melalui teknik bermain kelompok. Dengan demikian, optimalisasi teknik bermain kelompok telah menjadi pilihan utama bagi guru yang ada di TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo untuk melakukan layanan bimbingan terutama dalam meningkatkan perilaku sosial anak.
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru di TK Cempaka Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo dapat bekerjasama dengan seluruh stakeholder dalam memberikan layanan bimbingan teknik bermain kelompok kepada anak terutama untuk meningkatkan perilaku sosial anak. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks.
Kata Kunci: Perilaku Sosial,Teknik Bermain Kelompok.
Download berkas