Dra. MARYAM RAHIM, M.Pd / 0018075910
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
A B S T R A K
Rumia Abudi. NIM. 111 411 169. ”Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Teknik Fading di Kelas I SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo”. Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Rustam Husain, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah teknik fading dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan melalui teknik fading.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang memiliki kemampuan membaca permulaan berjumlah 12 orang atau 60% berada pada kriteria mampu, 8 orang atau 40% berada pada kriteria kurang mampu dan kriteria tidak mampu 0%. Selanjutnya pada siklus II, terjadi peningkatan siswa yang memiliki kemampuan dalam membaca permulaan menjadi 17 orang siswa atau 85% pada kriteria mampu, dan 3 orang siswa kriteria kurang mampu, serta 0% pada kriteria tidak mampu. Dengan demikian Hipotesis tindakan yang berbunyi: ”Jika guru menggunakan teknik fading dalam pembelajaran, maka kemampuan siswa membaca permulaan di kelas I SDN No. 69 Kota Timur Kota Gorontalo akan meningkat, dapat diterima”.
Kata kunci: Membaca Permulaan, Teknik Fading