Penulis / NIM
ARNI RADJAK UMAR / 111411170
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Arni R. Umar. Nim. 111 411 170. 2012. Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Teknik Behavior Contract Di TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Bimbimgan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1.Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II. Irpan Kasan, S.Ag. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah melalui teknik behavior contract dapat meningkatkan kemandirian anak TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo melalui teknik behavior contract.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud untuk memberi gambaran terhadap keadaan peningkatan kemandirian anak TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo.
Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa kemandirian anak masih sangat rendah. Hal ini nampak data yang diperoleh dari 20 orang anak TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo, hanya 8 orang atau 40% yang mandiri. Namun setelah dilaksanakan tindakan siklus I maka diperoleh data 12 orang atau 60% yang sudah mandiri, dan pada siklus II meningkat menjadi 16 orang atau 80%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik behavior contract dapat meningkatkan kemandirian anak TK Negeri Pembina Sipatana Kota Gorontalo. Oleh karena itu teknik behavior contracthendaknya dijadikan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kemandirian anak di TK.
Kata Kunci : Kemandirian, Teknik Behavior Contract
Download berkas