Penulis / NIM
LINTJE D. AMA / 111412002
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVAN USMAN, S.Psi, M.Si / 0002077703
Abstrak
ABSTRAK
Lintje Dini Ama. 2014. Meningkatkan Perasaan Empati Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd dan pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan perasaan empati pada siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Perasaan Empati Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam II siklus dan data yang diperoleh dianalisis secara presentase. Metode pengumpulan data adalah observasi kegiatan guru dan siswa, serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan I mencapai 15 orang atau 60% dan tidak mampu 10 orang atau 40%. siklus II pertemuan II meningkat menjadi 24 orang atau 96% dan 1 orang atau 4% tidak mampu.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "jika guru menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi, maka Perasaan Empati Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri I Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dapat diterima."
Kata kunci : Empati, Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi
Download berkas