Penulis / NIM
RATNA JUNUS / 111412003
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
A B S T R A K
Ratna Yunus. NIM. 111 411 142. "Meningkatkan Disiplin Dalam Menyelesaikan Tugas Pembelajaran PKn Melalui Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2014. Pembimbing I: Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd, Kons. Pembimbing II: Irfan Kasan, S.Ag, M.Pd.
Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah konseling kelompok dapat meningkatkan disiplin dalam menyelesaikan tugas pembelajaran PKn pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin dalam menyelesaikan tugas pembelajaran PKn melalui konseling kelompok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data adalah observasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas pada pembelajaran PKn, kriteria memiliki disiplin berjumlah 17 orang (57%), kurang memiliki disiplin 10 orang (33%), dan tidak memiliki disiplin 3 orang (10%). Selanjutnya pada siklus II, rata-rata disiplin siswa dalam menyelesaikan tugas pada pembelajaran PKn, pada kriteria memiliki disiplin berjumlah 25 orang (83%), kurang memiliki disiplin 5 orang (17%) dan tidak memiliki disiplin (0%), dari jumlah siswa 30 orang.
Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan konseling kelompok, maka disiplin dalam menyelesaikan tugas pada pembelajaran PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango, dapat ditingkatkan, dapat diterima".
Kata kunci: Disiplin dalam menyelesaikan tugas, konseling kelompok
Download berkas