Penulis / NIM
ROSTINA ODJA / 111412004
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Rostina Odja. 2014. Meningkatkan Kepedulian Kebersihan Lingkungan Sekolah Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena L. Madina,M.Pd. dan pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan kepedulian kebersihan lingkungan sekolah pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan rasa peduli kebersihan lingkungan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango melalui bimbingan kelompok dengan teknik diskusi.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pada penelitian tindakan kelas siklus I pertemuan I menunjukan bahwa siswa yang peduli kebersihan lingkungan sekolah berjumlah 13 orang (52%) dan pada siklus I pertemuan II meningkat lagi 19 orang (76%). Pada tindakan kelas siklus II pertemuan I jumlah siswa yang peduli kebersihan lingkungan 21 orang (84%) dan pada pertemuan II meningkat lagi menjadi 23 orang (92%).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik diskusi dapat digunakan untuk meningkatkan kepedulian kebersihan lingkungan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tilongkabila.
Kata Kunci: Kepedulian, Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi
Download berkas