Penulis / NIM
HANI ISMAIL / 111412011
Program Studi
S1 - BIMBINGAN DAN KONSELING
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRPAN A KASAN, S.Ag, M.Pd / 0008067506
Abstrak
ABSTRAK
Hani Ismail. Nim. 111 412 011. 2012. Deskriptif Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Anak Kelompok A TK Aisyiah Bustanul Atfal (ABA) Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Program Bimbingan Konseling Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd. Pembimbing II. Irpan Kasan, S.Ag. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kemandirian anak kelompok A TK Aisyiah Bustanul Atfal (ABA) Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak kelompok A TK ABA Payunga Kecmatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah anak kelompok A TK Aisyiah Bustanul Atfal (ABA) Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara yang melibatkan orang tua anak berjumlah 10 orang dan 1 orang guru. Materi wawancara mengacu kepada indikator yang ditetapkan dalam penelitian ini yakni terdiri atas, faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa fakto-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak kelompok A TK Aisyiah Bustanul Atfal (ABA) Payunga diantaranya adalah karena lingkungan keluarga (kedua orang tua) dan lingkungan sekolah (guru). Kondisi ini menyebabkan anak merasa kurang mandiri baik di rumah maupun di sekolah.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian anak pada kelompok A TK Aisyiah Bustanul Atfal (ABA) Payunga Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo disebabkan faktor keluarga dalam hal ini orang tua yang kurang memberikan pembiasaan mandiri di lingkungan keluarga, dan faktor sekolah anak pada umumnya belum memiliki kemandirian dalam proses pembelajaran, anak masih dibantu dalam mengerjakan tugas, mewarnai, menggambar, menjiplak, melipat, mengisi pola.
Kata Kunci : Faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian ana
Download berkas